PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ASMI AIRLANGGA BALIKPAPAN

  • Nany Pancawardany
  • Musilatin Nikmah
Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa

Abstract

Dewasa ini sektor pendidikan di Indonesia semakin terasa perannya dan oleh karena itu banyak menarik perhatian masyarakat maupun pemerintah di dalam usaha pengembangannya. Pelayanan di Perguruan Tinggi Swasta merupakan salah satu sektor jasa yang berkembang pesat. Persaingan diantara Perguruan Tinggi Swasta berjalan sangat ketat. Untuk itu ASMI Airlangga akan memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan apakah berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada ASMI Airlangga Balikpapan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Variable yang diteliti terdiri dari bukti fisik (Tangibles), daya tanggap (Responsivenes), kehandalan (Reliability), jaminan (Assurance), empati (Empathy). Analisis yang digunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 13. Pengambilan sampel dengan metode proportioned stratified random sampling sebanyak 88 responden.

Hasil analisis deskriptif diperoleh secara rata-rata mahasiswa menilai kualitas pelayanan yang diberikan ASMI Airlangga Balikpapan adalah kurang baik. Hasil pengujian yang dilakukan dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai Fhitung = 26,065 > 2,327  (Ftabel), sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variable bebas yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa ASMI Airlangga Balikpapan. Dari uji parsial diketahui variable bukti fisik (X1) mempunyai pengaruh yang paling besar yaitu 5,890 diantara variabel bebas lainnya terhadap kepuasan mahasiswa ASMI Airlangga Balikpapan. Sedangkan variabel daya tanggap (X3) mempunyai pengaruh paling rendah yaitu 1,999 terhadap kepuasan mahasiswa ASMI Airlangga Balikpapan.

Published
2018-04-07
How to Cite
Pancawardany, N., & Nikmah, M. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ASMI AIRLANGGA BALIKPAPAN. Sepinggan Jurnal, 1(1), 36-53. Retrieved from http://sepinggan-jurnal.stmikbpn.ac.id/index.php/sepinggan/article/view/3