PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. NUSANTARA INDAH KIA-CHEVROLET BALIKPAPAN

  • F.X Nanang Sujatmiko
  • Hety Devita
Keywords: customer service, loyalitas pelanggan

Abstract

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, customer service merupakan orang terdepan (front liner) yang berhadapan langsung dengan para pelanggan, yitu dengan melakukan proses komunikasi baik dengan komunikasi tatap muka (face to face) atau komunikasi antar pribadi. PT. Nusantara Indah KIA-Chevrolet Balikpapan telah bekerja keras untuk memperkuat image dan pelayanan dengan mempersiapkan berbagai paket yang menarik bagi pelanggan yang potensial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer service terhadap loyalitas pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear dengan menggunakan bantuan program SPSS 13. Pengambilan sampel dengan metode proportioned stratified random sampling sebanyak 97 responden.

Hasil analisis deskriptif diperoleh secara rata-rata pelanggan menilai customer service adalah cukup baik. Hasil pengujian yang dilakukan dengan regresi linear diketahui bahwa nilai thitung = 7,856 > 1,6611 (ttabel). Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian uji t maka Hi diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti pula hipotesa yang diajukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan customer service terhadap loyalitas pelanggan dan terbukti secara signifikan.

Published
2018-04-07
How to Cite
Sujatmiko, F. N., & Devita, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. NUSANTARA INDAH KIA-CHEVROLET BALIKPAPAN. Sepinggan Jurnal, 1(1), 20-35. Retrieved from http://sepinggan-jurnal.stmikbpn.ac.id/index.php/sepinggan/article/view/2